KPU Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

PALANGKA RAYA-Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Legislatif 2014 hanya tinggal menunggu hari. Untuk itu jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng melakukan kegiatan Bimbingan Teknis Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD 2014 pada 25-27 Februari 2014. Kegiatan berlangsung di Palace Ballroom Aquarius Boutique Hotel, dan diikuti oleh Komisioner KPU Divisi Teknis beserta Kasubbag Teknis KPU 14 kabupaten/kota.
Ketua KPU Kalteng Ahmad Syar’i menerangkan, dalam bimbingan teknis yang diselenggarakan pertama kali tersebut, para komisioner KPU daerah dilatih cara-cara teknis pemungutan suara hingga teknis menghitung suara. Adapun perlengkapan pemungutan dan penghitungan yang dipakai seperti 4 buah bilik suara, 4 buah kotak suara, surat suara, bantalan pencoblos, serta beberapa formulir, adalah logistik yang sudah disediakan untuk keperluan simulasi.
“Misalnya pada surat suara untuk simulasi, tidak kita cantumkan nama caleg, hanya memakai nama buah-buahan dan nama fiktif, namun ukuran kertas yang dipakai sama persis seperti surat suara asli. Setelah simulasi tingkat provinsi ini, nantinya para komisioner akan melakukan simulasi di tingkat kabupaten, dan PPK,” ujarnya kepada Tabengan.
Dalam simulasi, diperlihatkan pula kesalahan-kesalahan yang lazim terjadi ketika pemungutan suara, untuk kemudian dibawa dalam evaluasi bersama guna mendapatkan teknis yang tepat dan benar. Pemilu kali ini, ujar Syar’i, memiliki perbedaan dibanding pemilu sebelumnya, terutama dalam penggunaan formulir. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi kemungkinan penyimpangan perhitungan rekapitulasi perolehan suara.
“Misalnya seperti penggunaan 1 set formulir Model C, Model C1, dan lampirannya, nantinya dari TPS akan dikirim langsung ke KPU Kabupaten/Kota, untuk selanjutnya dikirim secara online ke KPU RI. Sistim ini belum ada pada pemilu 2004 dan 2009 lalu,” katanya.
Kemudian, tandasnya, ada pula Lampiran Model C1 yang menggunakan hologram, sehingga dapat menekan kemungkinan pemalsuan rincian penghitungan suara. bwn

 

Head Office:
Lt. II, Gedung Cavela cafe N Karaoke Jl. CUt Nyak Dien 19 Palangka Raya 73112.
Tel : +62536 3223967 (Hunting)
Fax : +62536 3223967 ; SMS studio : 0852 5030 3073