FaDi Ancam Gugat

Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota Palangka Raya belum sepenuhnya usai. Penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan dilakukan pada 12-14 Juni 2013. Sudah ada 2 pasangan yang sejauh ini mengklaim kemenangan, pasangan RiMo dan DaMar.

Pasangan lainnya, Faridawaty Darland Atjeh-Sodikul Mubin (FaDi), memilih memantau sambil mengamati perkembangan hasil hitung manual di tingkat kecamatan. Meski demikian, pasangan nomor urut 1 ini sudah menyiapkan gugatan.

Menurut Faridawaty, sebelum palu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya diketuk, belum ada satu calonpun yang dinyatakan sah menjadi kepala daerah. FaDi bersama dengan tim akan tetap memantau, apabila dari hasil tersebut sangat merugikan, pihaknya siap melakukan gugatan.

“Kita sudah mempersiapkan bukti-bukti terkait dengan pelanggaran yang dilakukan pasangan tertentu, salah satunya money politics. Karenanya, FaDi bersama dengan tim akan terus memantau hasil perhitungan suara ini, apabila ternyata memberikan dampak yang sangat merugikan pasangan kita, FaDi siap melakukan gugatan,” kata Faridawaty.

Faridawaty enggan mengungkapkan pasangan mana yang melakukan tindakan tidak mendidik ini. “Yang terpenting sekarang ini bukti sudah ada terkumpul dan dalam tangan,” katanya.  Selain bukti money politics, kata dia, juga terdapat bukti keterlibatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam kampanye calon tertentu. Kendati telah mengumpulkan bukti, Farida masih mempertimbangkan apakah membawa bukti tersebut untuk menggugat di tingkat Mahkamah Konstitusi (MK).

Faridawaty juga membantah kabar yang menyatakan dirinya tak membayar saksi akibat kalah dalam pemilihan. Usai mengikuti pemilihan ini, dirinya mengakui dapat tidur dengan nyenyak dan bersantai bersama dengan keluarga.

Untuk pembayaran saksi, pihak FaDi melakukan secara bertahap, berdasarkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing saksi. Tujuannya agar tertib dalam administrasi dan memberikan kemudahan. Ditargetkan minggu depan akan selesai semua. ded

Head Office:
Lt. II, Gedung Cavela cafe N Karaoke Jl. CUt Nyak Dien 19 Palangka Raya 73112.
Tel : +62536 3223967 (Hunting)
Fax : +62536 3223967 ; SMS studio : 0852 5030 3073