1.584 Peserta Lolos SBMPTN Unpar

Kumpiady: Jangan Khawatir Masalah Biaya

Sebanyak 1.584 peserta dinyatakan lolos SBMPTN Unpar 2013. Para calon mahasiswa baru yang berhasil tersebut, diminta tak perlu khawatir dengan masalah pembiayaan.

PALANGKA RAYA – Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 di Universitas Palangka Raya (Unpar), telah diumumkan, Selasa (9/7) pagi. Dari 2.676 peserta ujian, sebanyak 1.584 orang di antaranya dinyatakan lolos.

Ketua Panitia Lokal Penyelenggara SBMPTN Unpar Prof Dr Kumpiady Widen PHd mengimbau bagi para calon mahasiswa baru yang diterima lewat jalur SBMPTN jangan khawatir dengan masalah pembiayaan. Menurutnya, tersedia sejumlah beasiswa yang dapat segera diakses.

“Bagi calon mahasiswa baru yang diterima diharapkan segera melakukan registrasi daftar ulang, dan memerhatikan syarat-syarat registrasi serta waktu pelaksanaan,” kata Kumpiady.

Pria yang juga menjabat Pembantu Rektor I Unpar itu menambahkan, calon mahasiswa baru hendaknya mencermati pula aturan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang terbagi dalam 5 kategori.

Tiap kategori memiliki nominal pembayaran secara berjenjang dan ditentukan berdasarkan pendapatan orangtua. Seperti kategori 1 dan 2,  diprioritaskan bagi calon mahasiswa baru dari keluarga tidak mampu dengan kuota 5 persen.

“Tapi, yang tetap merasa nominal UKT untuk kategori 3, 4 dan 5 yang biayanya sedikit besar tidak perlu khawatir. Setelah kuliah nanti ada bantuan lain,” jelasnya.

Bantuan dari Kemendikbud dan pihak swasta seperti beasiswa bantuan belajar mahasiswa (BBBM), beasiswa peningkatan prestasi akademik (BPPA), supersemar dan lainnya masih tersedia. Beasiswa ini mulai bisa diakses oleh mahasiswa semester II ke atas.

Untuk Bidikmisi, lanjut Kumpiady, beasiswa ini diberikan kepada mereka yang mempunyai potensi akademik mencukupi tetapi tidak mempunyai kemampuan ekonomi yang memadai. Para mahasiswa dari jalur Bidikmisi dibebaskan dari membayar uang kuliah dan diberikan tunjangan hidup.

Jumlah peserta yang ikut SBMPTN di Unpar 2.676 orang. Ujian sendiri di laksanakan selama 2 hari, 18-19 Juni 2013. Dalam pelaksanaan seleksi kemarin, panitia menggunakan 78 ruangan yang dijadikan sebagai tempat.

“Masing-masing 25 ruangan untuk calon mahasiswa Sains dan Teknologi (IPA), 24 ruangan bagi calon mahasiswa Sosial Humaniora (IPS), dan 19 ruangan untuk Program Campuran. Dari 2.676 orang akhirnya dinyatakan lolos SBMPTN 2013 Unpar sebanyak 1.584 orang,” tutupnya. nta

Head Office:
Lt. II, Gedung Cavela cafe N Karaoke Jl. CUt Nyak Dien 19 Palangka Raya 73112.
Tel : +62536 3223967 (Hunting)
Fax : +62536 3223967 ; SMS studio : 0852 5030 3073

Or sign in with your account on:

Not a member yet? Register